Mein Kampf, Buku yang Menginspirasi Saya



Buku yang Memberikan Saya Inspirasi


            Buku merupakan kumpulan kertas yang ditulis oleh seseorang dan digunakan sebagai sumber bacaan. Buku menjadi hal yang mutlak diperlukan dalam menulis sebuah tulisan. Sehingga buku menjadi hal yang sangat penting bagi semua orang baik dibidang akademik maupun non-akademik. Terkadang sebuah buku juga dapat memberikan inspirasi bagi para pembacanya. Dalam hal ini, saya termasuk akan hal tersebut.
            Buku menurut saya tidak hanya sebagai sumber bacaan. Tetapi juga dapat memberikan inspirasi yang baik bagi hidup pembaca. Selain itu,buku menjadikan kita lebih kaya akan wawasan dan pengetahuan. Salah satu buku yang saya jadikan inspirasi ataupun pedoman adalah sebuah buku berjudul “ Mein Kampf “. Buku ini ditulis oleh seorang diktaktor dari Jerman yaitu Adolf Hitler.
            Saya sangat menyukai buku ini. Terlebih lagi dengan penulisnya yaitu Adolf Hitler. Arti dari “Mein Kampf” itu sendiri adalah “Perjuangan Saya”. Buku ini menceritakan perjuangan Hitler dari sebelum ia memegang kekuasaan sampai menjadi diktaktor yang hampir menguasai dunia.
Volume pertama dari buku ini ditulis Hitler pada saat di Penjara tahun 1923. Volume pertamanya berisi tentang kehidupan masa kecilnya hingga ia membentuk sebuah partai yang kita kenal dengan “Partai Nazi”. Volume pertama bermula dari kehidupan Hilter kecil yang tumbuh dalam keluarga sederhana. Masa kanak-kanak yang menyenangkan dialami Hitler karena ayahnya memiliki pekerjaan di bea cukai Austria sehingga status keluarganya lumayan dapat dipertimbangkan. Perbedaan pendapat antara Hitler dengan ayahnya mengenai pekerjaan membuat Hitler kecil tidak sungguh-sungguh belajar sehingga ia harus mengulang pada tahun pertama di Realschule. Ia mulai membangun pemikiran dan ide-idenya mengenai anti-semitisme dan mengenai kuatnya rasa Nasionalisme Jerman. Pemikiran-pemikirannya itu kemudian dijadikan dasar dalam berkembangnya Partai Nazi.
Volume kedua yang ia buat berbicara mengenai Gerakan Nasional-Sosialis yang ia buat dan pertama kali keluar di bulan Desember 1926. Dalam Volume yang kedua ini, Hitler secara jelas menetapkan tujuan partai menuju kediktaktoran. Di volume ini jug dijelaskan bagaimana kebijakan-kebijakan Hitler untuk menguasai dunia. Ambisi-ambisi Hitler dengan rencana-rencana aliansi atau perang. Segala kerja kerasnya dan kepentingan-kepentingannya jelas tertulis dalam volume yang kedua.
            Perjuangan dan kerasnya hidup yang dirasakan oleh Hitler membentuk watak dan sifatnya. Buku ini saya anggap berguna dan memberikan insprirasi tentang bagaimana sesuatu yang kita inginkan itu harus dibangun dari dasar dan diperlukan kerja keras untuk membangunnya. Begitu juga dengan hidup kita, halangan dan rintangan akan selalu ada agar hidup kita lebih bermakna dan dapat membuat diri kita lebih kuat dari sebelumnya.

2 Komentar

  1. setuju, sy jg pecinta buku.
    buku mein kampf bisa didapat dmn yah? trtarik bacanya.

    BalasHapus
  2. beberapa waktu lalu itu ada di jula d toko-toko gramedia. tapi sekarang saya kurang tau masih ada atau tidak. Yang pasti ada di pusat-pusat perbukuan. hehehehe

    BalasHapus