Menulis Kreatif

            Dear Alm. Aaron Swartz
            Selamat Pagi,
            Nama saya Irfan natarsa. Seorang mahasiswa dari jurusan Sejarah UGM angkatan 2011. Sebelumnya saya sudah membaca pendapat/kritik anda mengenai begitu mahalnya mendapatkan ilmu tentang teknologi-teknologi terbaru yang dikembangkan oleh para ilmuwan. Menurut saya, hal itu sangatlah menarik untuk dibahas dan diinformasikan ke masyarakat umum.
            Dewasa ini, ilmu pengetahuan sudah sangat berkembang dengan pesat. Mulai berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Teknologi-teknologi yang semakin maju juga membuat masyarakat harus mengikuti segala informasi-informasi baik yang mengenai bidang ekonomi, sosial dan mengenai ilmu-ilmu pengetahuan modern. Selain itu, teknologi yang sudah semakin tinggi membuat kegiatan sehari-hari lebih praktis dan gampang. Namun, terkadang teknologi-teknologi yang tinggi sulit dipelajari dan hanya bisa didapatkan dengan mengeluarkan biaya yang cukup mahal.
            Setelah saya membaca pidato anda, saya tertarik untuk bergabung dalam Gerakan Akses Terbuka. Saya juga akan ikut berjuang untuk Gerilya Akses Terbuka (Guerilla Open Access). Pendapat anda membuat saya mulai mengerti betapa pentingnya informasi-informasi bagi masyarakat dan bagaimana perusahaan-perusahaan swasta memanfaatkan informasi tersebut hanya untuk kepentingan materil saja. Saya anggap hal itu berawal dari apa yang kita sebut dengan “kapitalisme”. “Kapitalisme” mungkin menyebabkan para ilmuwan mau menandatangani hak-hak paten mereka untuk perusahaan-perusahaan swasta. Teknologi-teknologi itu kemudian dikembangkan dengan mengatasnamakan nama-nama perusahaan yang sudah disepakati.
Pendapat anda mengenai informasi sebagai sebuah kekuasaan merupakan sesuatu yang dapat dijadikan pedoman dalam menghilangkan ketidak adilan tersebut. Selain itu, gerakan-gerakan yang sebelumnya sudah berjuang dalam hal ini haruslah lebih memproklamirkan dan mendemonstrasikan semangat-semangat Gerilya Akses Terbuka. Informasi diseluruh dunia memang tidak seharusnya disembunyikan walaupun memang ada hal-hal tertentu yang harus disembunyikan. Namun informasi-informasi yang berguna bagi masyarakat haruslah dibagikan di seluruh dunia. Ilmu bukanlah hal privat, yang hanya diketahui oleh segelintir orang. Ilmu adalah sesuatu yang harus diketahui oleh masyarakat luas sehingga ilmu tidak hanya berkembang di orang-orang yang mampu membeli informasi tetapi pada mereka juga yang berasal dari kalangan yang kurang mampu untuk mendapatkan hal itu.
Semoga perjuangan anda dan semua orang-orang yang mendukung hal ini berjalan dengan lancar. Semua yang anda lakukan tidak akan pernah sia-sia baik untuk sekarang ataupun masa depan. Selama orang-orang masih berpegang pada keadilan dan kebenaran, maka mereka yang buta oleh keserakahan akan kalah. Privatisasi pengetahuan pasti dapat dihentikan selama ada usaha dari orang-orang yang berilmu.
Cukup sekian surat balasan dari saya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.